Jumat, September 30, 2016

Tips Melamar Pekerjaan di Job Fair

#Tips Melamar Pekerjaan di Job Fair
Salah satu cara paling populer mencari dan melamar pekerjaan adalah dengan ikutan job fair. Tapi, dengan waktu singkat, kandidat yang banyak dan tempat padat, sulit untuk memberikan yang terbaik saat di lokasi.
Bagi anda para fresh graduate ataupun yang sudah berpengalaman, berikut tips yang bisa anda lakukan untuk melamar pekerjaan di job fair agar bisa mendapatkan pekerjaan!
Sebelum Hari H
1. Cari tahu dulu tentang di mana lokasi job fair diselenggarakan dan cara pergi ke sana. Ini penting karena anda bisa estimasi jarak tempuh dan jam berangkat.
2. Paling penting adalah cari tahu mengenai perusahaan apa saja yang hadir di sana. Dari situ anda dapat membuat daftar, booth mana saja yang harus anda datangi dan meletakkan surat lamaran anda. Dengan begini anda bisa menghemat waktu tanpa harus pusing mencari.
3. Persiapkan apa saja yang harus anda bawa. Mulai dari foto kopi ijazah, CV, surat lamaran, peralatan menulis, map, foto diri, dan lain sebagainya. Selain hard copy, siapkan berkas-berkas tadi dalam bentuk soft copy.
Saat Hari H
1. Pakaian yang harus anda kenakan jangan sembarangan. Kenakan seperti layaknya anda pergi wawancara, sopan dan rapi. Seringkali ada beberapa perusahaan yang menyelenggarakan wawancara langsung saat job fair.
Berangkat dari pagi sealing menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti nyasar, datang lebih pagi biasanya menghindari anda dari antrian tiket yang panjang dan saat menaruh berkas lamaran.
2. Jangan malu bertanya karena job fair juga menjadi ajang networking. Misalnya aja minta alamat e-mail perekrut agar anda bisa follow up dan mengirimkan pesan terima kasih. job fair juga menjadi ajang menemukan perusahaan baru, bertemu teman baru, sampai mendapatkan tip seputar karir.
3. Percaya diri pada kemampuan anda. Walaupun saingannya akan banyak, tetapi rasa optimis ini akan terpancar keluar. Hal ini bisa anda perlihatkan dari cara jabat tangan sampai berbicara.
4.Melamar kembali via online karena biasanya mereka juga membuka lowongan kerja tersebut di situs mereka . “Walaupun anda meletakkan lamaran di job fair belum tentu anda menjadi kandidat perusahaan tersebut, Setelah melamar, coba tanyakan kepada perwakilan perusahaan yang bersangkutan mengenai kandidat seperti apa yang ingin mereka cari. Dari situ anda bisa belajar dari kesalahan untuk diperbaiki pada saat anda melamar via online.


Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Melamar Pekerjaan di Job Fair
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Comments
0 Comments